Tips Snorkling

Tips snorkling di Karimunjawa Derawan dan Menjangan Bali

Sopt Karang Gosong

Persiapan Sebelum Snorkling
Pada dasarnya ada 3 alat yang digunakan untuk snorkeling yaitu Masker/Google, Snorkel, dan Fin/Kaki Katak. Ada alat tambahan yakni jaket pelampung/ livefest digunakan untuk keamanan, terutama bagi yg pertama kali snorkling.
Memilih masker/Google yang baik disesuakain dengan wajah, karena penggunaan masker/google yang tidak tepat akan menyebabkan masuknya air ke dalam masker/google dan tentunya akan menggangu kenikmatan ketika snorkeling.
Untuk Fin/Kaki katak pilihlah ukuran yang sesuai dengan kaki, jangan terlalu longgar.
Alat bantu pernafasan dalam hal ini snorkel pilihlah yg terbuat dari karet silicon yang baik, sehingga akan lebih nyaman ketika kita gunakan bernafas menggunakan mulut, karna selama ber-snorkling ria kita akan menggunakan mulut untuk bernafas menggantikan hidung.
Cobalah bernafas menggunakan mulut seperti biasa dengan irama seperti ketika kita bernafas menggunakan hidung. Sebelum masuk ke air cobalah beberapa saat untuk bernafas melaui selang snorkel agar terbiasa
Untuk yang belum bisa berenang atau yang bisa berenang tapi ada sedikit takut masuk ke laut, cobalah menggunakan pelampung terlebih dahulu, atau minta guide mendampingi anda beberapa saat, sampai anda merasa nyaman ketika di air laut
Dan yang terpenting pilihlah lokasi snorkeling yang tidak terlalu dangkal, lihat sekelingnya yang terdapat terumbu karang dan ikan yang beraneka macam

Ketika masuk ke dalam laut.
Masuklah ke air laut secara perlahan dan jangan gugup, rasakan atau gunakan perlengkapan secara nyaman, dan jika ada yang kurang nyaman, perbaiki posisi pemaikaian alat tersebet sampai terasa nyaman.
Masukkan setengah kepala kita ke laut, lihatlah sekeliling keindahan alam bawah laut tersebut, benafaslah memalui mulut secara normal. Kayuhlah Fin/ Kaki katak secara perlahan untuk berpindah tempat, cari tempat yang kira kira indah menurut anda, gunakan juga tangan sebagai penyeimbang. Sesekali tengoklah ke atas jangan sampai terlalu terlena oleh keindahan, lihatlah arah anda jangan sampai tertabrak perahu atau terlalu jauh terpisah dari rombongan.Mintalah bantuan ke guide apabila merasa kesulitan.
Ada kalanya ketika ber-snorkling Masker/Google berembun, dan ini sangat mengganggu pandangan. Untuk mengatasinya, naikkan kepala ke permukaan air, dan lepaskan masker/google tersebut, masukan sedikit air ke dalam masker kemudian goyang-goyangkan air tersebut di kacanya sampai bersih, setelah itu gunakan kembali , Apabila air masuk ke dalam selang snorkel maka hembuskan udara melalui mulut dengan keras agar airnya keluar.
Kalau sudah mahir cobalah untuk menyelam lebih dalam dengan cara menahan nafas atau yang lebih kerennya yang disebut freediving. Dan jangan lupa abadikan momen indah tersebut dengan kamera underater

Jagalah lingkungan Laut
Berhati-hatilah dengan kaki katak yang di pakai ketika di dalam air, jangan sampai tersentuh dan merusak terumbu karang.
Jangan menyentuh semua makhluk yang ada di dalam laut. Baik itu terumbu karang, ikan sampai mahluk laut lainnya seperti penyu atau bintang laut.
Terumbu karang hanya tumbuh beberapa inci pertahun, jadi jangan sampai kegiatan kita merusak keindahan bawah laut yang seharusnya kita jaga.
Perlu berhari-hari bagi bintang laut untuk pindah dari satu tempat ke tempat lainya, jangan kita hacurkan pengorbanannya tersebut cuma untuk kenikmatan berfoto.
Bawalah sampah yang kita bawa kembali ke kota atau pelabuhan, jangan sampai menjadikan tempat yang Indah terkotori oleh sampah yang kita bawa.
Akhir kata, selamat liburan dan selamat menikmati keindahan alam laut Indonesia

Catatan:

Untuk snorkeling di pulau Kakaban Derawan, Fin/ Kaki Katak dilarang digunakan, karena dikawatirkan gerakan kaki akan mengganggu ekosistem yg terdapat di danau tersebut

Untuk snorkeling di penangkaran hiu karimunjawa, waspadalah dan berhati hati, jangan sampai tangan atau bagian tubuh yg lain bau amis ikan, dan jangan membuat gerakan gerakan tangan menyerupai gerakan ikan, hal tersebut akan membuat ikan hiu menjadi agresif. Didampingi guide berpengalaman akan lebih baik

liburan seru dan murah di karimunjawa | derawan | bromo | ranukumbolo | menjangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *